Sereal yang Identik Dijadikan Menu Sarapan, Bolehkah Dijadikan Cemilan ?

Sebagian besar dari kita tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya sereal. Sereal sehat biasanya sudah identik dijadikan untuk menu sarapan yang sehat yang umumnya disajikan dengan tambahan susu untuk memberikan rasa yang lebih kaya. Mendapatkan sereal pun bukan hal yang sulit, di minimarket terdekat, supermarket ataupun yang paling mudah adalah membelinya secara online di Lemonilo. Nah, berbicara tentang sereal yang memang lebih identik dijadikan sebagai menu sarapan, lalu bagaimana jika sereal dijadikan sebagai cemilan ? Apakah bisa dan apakah kandungan zat gizi terbaiknya tetap dapat diperoleh secara maksimal ? Secara garis besar sereal mengandung zat gizi yang antara lainnya adalah mineral, serat, vitamin, juga karbohidrat dan apabila disajikannya dengan tambahan susu, maka sajian sereal pun mengandung kalsium dan juga protein.

Sereal sehat untuk tubuh
Sereal sehat untuk tubuh

Kandungan Yang Terdapat Pada Sereal

Kebanyakan terbuat dari gandum utuh yang kandungan seratnya tinggi sehingga memang sangat baik untuk kesehatan yang salah satunya untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan dan juga menjaga berat badan ideal. Nah, sementara itu jadwal ngemil sendiri umumnya terjadi diantara jam sarapan dan jam makan siang ataupun antara rentang waktu makan siang dengan makan malam. Dalam waktu tersebut kadar gula dalam darah sedang menurun setiap dua sampai tiga jam usai makan besar sehingga mendorong tubuh untuk memiliki keinginan mengkonsumsi makanan. Dibandingkan memilih cemilan yang kadar gula ataupun lemak tinggi yang hanya memicu datangnya gangguan kesehatan, maka memilih sereal untuk dijadikan cemilan merupakan sebuah pilihan yang terbaik. Namun tentu ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan dalam menjadikan sereal sebagai cemilan saat perut sedang keroncongan.

Hal penting pertama yang perlu diperhatikan adalah cara mengkonsumsi sereal dengan tepat agar lebih sehat. Jauhkan ngemil sereal dengan menyertakan bahan pelengkap yang mengandung gula dan lemak tinggi. Hindari menambahkan gula ataupun susu yang tinggi lemak. Pilihlah susu yang non fat atau low fat. Kandungan gula yang terlalu tinggi hanya akan dilepas dengan lebih cepat sehingga justru hal tersebut bisa memicu datangnya kantuk ataupun lelah yang cepat datang. Sereal adalah salah satu makanan sehat yang berasal dari gamdum utuh, dimana salah satu kandungan zat gizinya adalah karbohidrat kompleks yang dapat memberikan manfaat berupa efek kenyang lebih lama. Karbohidrat kompleks di dalam sereal pun dapat memberikan serat untuk mengkonversi gula secara bertahap. Sehingga berdampak akan dapat memberikan efek kenyang lebih lama. Selain itu, pilihlah produk sereal sehat yang terbaik. Karena memang cukup banyak produk sereal yang beredar di pasaran. Langkah terbaik untuk menemukan sereal sehat yang terbaik adalah dengan membaca label gizinya terlebih dahulu. Pilih yang rendah kalori namun tinggai vitamin, mineral, serat, dan zat gizi penting lainnya. Memang kebutuhan kalori setiap orang tidaklah sama tergantung juga jenis kelaminnya, tinggi berat badanya, usianya, kondisi kesehatannya, juga tingkat aktivitasnya sehari-hari. Secara sederhana, cemilan yang sehat adalah yang apabila dikonsumsi tidak melebihi 200 kalori dalam sehari.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *